BIMBEL bersama TFI
Pengajaran BIMBEL di SDN 19 Palmerah dalam
Penerapan Mata Kuliah Character
Building bersama Teach For Indonesia (TFI)
Kelas :
IV
Dosen :
Ch. Megawati Tirtawinata
Waktu :
Kamis,29
oktober 2015
Jam :
13.00-14.30
Jumlah peserta :
35
Lokasi :
Kemanggisan
Anggota yang hadir :
1.
Richard (1801389326)
2.
Robert (1801384054)
3.
Cindy (1801382004)
4.
Sisilia .H (1801384281)
5.
Vera (1801390744)
6.
Jason Adrian (1801383474)
7.
David (1801375144)
8.
Handoko .T (1801376411)
Anggota yang tidak hadir: -
2.Bagian
Isi
Pada hari kamis tanggal 29 oktober 2015, itu hari kedua kami mengajar atau yang
disebut dengan “Bimbel” yaitu pada jam 13.00 s/d 14.30. Setelah kami sampai sekolah
kami langsung menghampiri kantor guru kemudian langsung ke kelas biasa tempat
kami mengajar.
Setelah kami masuk kelasnya,
mereka pun langsung meminta pada kita untuk belajar matematika tentang hitungan
jarak. Ternyata siswa-siswi kelas 4 di SDN 22 Palmerah itu sudah banyak yang
mengetahui apa saja yang terdapat didalam jarak, seperti KM(kilometer), HM (
hectometer), DAM(Dekameter), dan masih banyak lagi sampai MM(millimeter).
Tetapi tidak semua siswa
mengerti, kami tetap mengajarkan mereka yang belum bisa sampai bisa dan
memahami bagaimana cara mengerjakannya. Setelah kami selesai mengajarkan semua
murid sampai bisa, kami pun langsung memberikan mereka contoh soal mengenai
satuan jarak yang telah kami ajarkan.
Kami pun memeriksa pekerjaan
mereka satu persatu dan menilai nya , jika terdapat kesalahan pada pekerjaan
mereka, kami pun mengajari mereka lagi sampai mereka bisa tuntas.Setelah
selesai memeriksa semua pekerjaan anak, kami pun menutup bimbel dengan doa yang
dipimpin oleh ketua kelas.
Metode
yang kami gunakan yaitu metode classroom dan mentoring agar anak-anak lebih
konsentrasi dan tidak segan untuk bertanya-tanya kepada kami,dan lebih tenang
pembelajaran tersebut.
Survey External
Berdasarkan
hasil survey yang kami berikan, kelompok kami sudah baik. Kelompok kami hadir
tepat wktu, berlaku sopan, mengenakan atribut mahasiswa berupa almamater,flazz
card binusian dan berpakaian sopan. Semua anggota kelompok kami menjalankan
tugas dan perannya masing masing.
Survey Internal
Kelompok kami
atau tim kami sudah melaksanakan bimbel dengan baik dan datang pada waktunya.
3.Bagian penutup
Hasil kegiatan yang kamu lakukan:
Sebelum kegiatan
|
Sesudah
kegiatan
|
Belum
semua peserta memahami satuan-satuan jarak dan cara menghitungnya.
|
Peserta sudah bisa memahami satuan jarak dan cara menghitungnya.
|
Pencapaian hari ini: kami telah mengajarkan anak-anak
kami dengan baik dan dapat dimengerti oleh anak-anak kami dengan baik tersebut.
Kesimpulan:
Pada kegiatan hari ini,kelompok kami
sebelumnya sudah bertemu dengan pihak sekolah dan membuat janji. Kelompok kami
atau volunteer
akan memberikan review materi jarak yang terdapat dalam matematika dan kemudian
mengajarkan satuan jarak
satuan jarak tersebut agar dapat dipahami dengan semua siswa
kami atau bimbingan kami tersebut, memahami dengan baik tetapi beberapa ada
yang kesulitan dalam mengikuti pelajaran.
Next to do:
Kami sebagai
volunter akan lebih baik lagi mengajarkan anak-anak bisa memahami matematika
dimateri yang lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar