Selasa, 10 November 2015

BIMBEL - DAY 5


BIMBEL bersama TFI
Pengajaran BIMBEL di SDN 19 Palmerah dalam Penerapan Mata Kuliah Character
Building bersama Teach For Indonesia (TFI)





1.Bagian Awal
                                                               
Kelas                            : IV
Dosen                          : Ch. Megawati Tirtawinata
Waktu                          : Kamis,29 oktober 2015
Jam                              : 13.00-14.30
Jumlah peserta             : 35
Lokasi                          : Kemanggisan
Anggota yang hadir    :
1.      Richard            (1801389326)
2.      Robert             (1801384054)
3.      Cindy               (1801382004)
4.      Sisilia .H          (1801384281)
5.      Vera                (1801390744)
6.      Jason Adrian    (1801383474)
7.      David               (1801375144)
8.      Handoko .T      (1801376411)
Anggota yang tidak hadir: -




2.Bagian Isi

Pada hari kamis tanggal 29 oktober 2015, itu hari kedua kami mengajar atau yang disebut dengan “Bimbel” yaitu pada jam 13.00 s/d 14.30. Setelah kami sampai sekolah kami langsung menghampiri kantor guru kemudian langsung ke kelas biasa tempat kami mengajar.



Setelah kami masuk kelasnya, mereka pun langsung meminta pada kita untuk belajar matematika tentang hitungan jarak. Ternyata siswa-siswi kelas 4 di SDN 22 Palmerah itu sudah banyak yang mengetahui apa saja yang terdapat didalam jarak, seperti KM(kilometer), HM ( hectometer), DAM(Dekameter), dan masih banyak lagi sampai MM(millimeter).

Tetapi tidak semua siswa mengerti, kami tetap mengajarkan mereka yang belum bisa sampai bisa dan memahami bagaimana cara mengerjakannya. Setelah kami selesai mengajarkan semua murid sampai bisa, kami pun langsung memberikan mereka contoh soal mengenai satuan jarak yang telah kami ajarkan.

Kami pun memeriksa pekerjaan mereka satu persatu dan menilai nya , jika terdapat kesalahan pada pekerjaan mereka, kami pun mengajari mereka lagi sampai mereka bisa tuntas.Setelah selesai memeriksa semua pekerjaan anak, kami pun menutup bimbel dengan doa yang dipimpin oleh ketua kelas.

Metode yang kami gunakan yaitu metode classroom dan mentoring agar anak-anak lebih konsentrasi dan tidak segan untuk bertanya-tanya kepada kami,dan lebih tenang pembelajaran  tersebut.


Survey External
Berdasarkan hasil survey yang kami berikan, kelompok kami sudah baik. Kelompok kami hadir tepat wktu, berlaku sopan, mengenakan atribut mahasiswa berupa almamater,flazz card binusian dan berpakaian sopan. Semua anggota kelompok kami menjalankan tugas dan perannya masing masing.

Survey Internal
Kelompok kami atau tim kami sudah melaksanakan bimbel dengan baik dan datang pada waktunya.





3.Bagian penutup

Hasil kegiatan yang kamu lakukan:
Sebelum kegiatan
              Sesudah kegiatan             
Belum semua peserta memahami satuan-satuan jarak dan cara menghitungnya.
Peserta sudah bisa memahami satuan jarak dan cara menghitungnya.
Pencapaian hari ini: kami telah mengajarkan anak-anak kami dengan baik dan dapat dimengerti oleh anak-anak kami dengan baik tersebut.

Kesimpulan:
Pada kegiatan hari ini,kelompok kami sebelumnya sudah bertemu dengan pihak sekolah dan membuat janji. Kelompok kami atau volunteer akan memberikan review materi jarak yang terdapat dalam matematika dan kemudian mengajarkan satuan jarak satuan jarak tersebut agar dapat dipahami dengan semua siswa kami atau bimbingan kami tersebut, memahami dengan baik tetapi beberapa ada yang kesulitan dalam mengikuti pelajaran.

Next to do:
Kami sebagai volunter akan lebih baik lagi mengajarkan anak-anak bisa memahami matematika dimateri yang lain


Tidak ada komentar:

Posting Komentar