BIMBEL bersama TFI
Pengajaran BIMBEL di SDN 19 Palmerah dalam
Penerapan Mata Kuliah Character
Building bersama Teach For Indonesia (TFI)
Kelas :
IV
Dosen :
Ch. Megawati Tirtawinata
Waktu :
Rabu,28 Oktober 2015
Jam :
13.00-14.30
Jumlah peserta :
35
Lokasi :
Kemanggisan
Anggota yang hadir :
1.
Richard (1801389326)
2.
Robert (1801384054)
3.
Cindy (1801382004)
4.
Sisilia .H (1801384281)
5.
Vera (1801390744)
6.
Jason Adrian (1801383474)
7.
David (1801375144)
8.
Handoko .T (1801376411)
Anggota yang tidak hadir: -
2.Bagian Isi
Pada hari Rabu tanggal 28 bulan
oktober tahun 2015, kami sekelompok tanpa kekurangan satu orangpun kembali ke
sekolah SDN 19 untuk mengajar anak-anak kelas 4. Pertama-tama kami menanyakan mereka
ingin belajar bahasa inggris atau matematika. Karena hampir semua menjawab
ingin belajar matematika, maka kami pun mengajari mereka matematika. Kami
sangat senang sekali melihat anak-anak kelas 4 itu sangat mempunyai semangat
belajar yang tinggi sehingga penyampaian materi kami pun bisa diterima cukup
baik oleh mereka.
Pada hari itu, kami mengajar matematika tentang satuan-satuan
waktu. Awalnya kami menjelaskan dulu tentang satuan waktu dan menjelaskan
kepada mereka. Setelah itu kami menyuruh mereka mencatat agar mereka tidak lupa
tentang pelajaran tersebut. Sehabis mereka mencatat, kami memberikan 10 soal
untuk mereka kerjakan, soal nomor satu kami berikan contoh terlebih dahulu.
Kami memperbolehkan mereka melihat catatan mereka tapi mereka harus mengerjakan
soalnya dengan cara.
Kami mengarahkan kepada mereka juga bahwa jika ada yang
tidak mengerti, boleh bertanya kepada kami. Tetapi saat mereka mengerjakan
soal-soal itu, kami tidak tinggal diam saja, kami berjalan-jalan sambil melihat
pekerjaan mereka dan membantu. Itu menurut kami sangat berguna bagi anak-anak
yang malu bertanya.
Setelah mereka selesai mengerjakannya, tugas mereka
dikumpulkan ke kami disertai nama mereka. Kami membuat kunci jawaban dan lalu
mengecek pekerjaan mereka. Jika pekerjaan mereka ada yang salah, kami memanggil
nama mereka, lalu kami memberi tahu cara yang benar dan jawaban yang benar
sampai mereka mengerti. Setelah mereka mengerti, kami menyuruh mereka duduk dan
memberi tahu untuk tetap tenang dan menunggu temannya yang belum selesai.
Survey external
Survey kami
pada hari Rabu tanggal 28 Oktober 2015 tentang kelompok kami adalah semua
kegiatan terlaksana dengan lancar tanpa ada masalah sedikitpun. Kami
masing-masing bisa berperan sangat baik karena sudah mulai terbiasa dengan kegiatan
ini sehingga proses belajar mengajar kami berjalan sangat nyaman dan aman.
Survey internal
Kelompok
kami pada hari Rabu tanggal 28 Oktober sukses dalam melaksanan kegiatan
belajar-mengajar dan tidak ada yang terlambat untuk datang mengajar ke sekolah
SDN 19.
3. Bagian Penutup
Hasil
kegiatan yang kami lakukan:
Sebelum kegiatan
|
Sesudah kegiatan
|
Anak-anak kelas 4 masih
belum mengerti dan belum memahami tentang satuan-satuan waktu dengan baik dan
benar
|
Anak-anak kelas 4 sudah
mulai mengerti dan bisa mengerjakan soal-soal tentang satuan-satuan waktu
dengan cukup baik
|
Kesimpulan:
Kami mengajarkan anak-anak tentang satuan-satuan waktu dengan cukup baik dan
nyaman sehingga hasilnya yang diterima anak-anak adalah mereka sudah mengerti
tentang satuan-satuan waktu dan sudah bisa menjawab soal-soal tentang materi
tersebut.Pencapaian
hari ini: kami sekelompok sudah mulai terbiasa mengajarkan anak-anak tersebut
sehingga proses pembelajaran sangat nyaman dan materi yang diberikan dapat
gampang dipahami oleh anak-anak
Next to do :
Kami sekelompok akan berusaha lagi semaksimal mungkin untuk mempertahankan
proses pembelajaran yang nyaman ini agar anak-anak tersebut dapat lebih mudah
lagi memahami materi yang kita ajarkan kepada mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar