Sabtu, 07 November 2015

BIMBEL - DAY 4

BIMBEL bersama TFI
Pengajaran BIMBEL di SDN 19 Palmerah dalam Penerapan Mata Kuliah Character
Building bersama Teach For Indonesia (TFI)



1.Bagian Awal
                                                               
Kelas                            : IV
Dosen                          : Ch. Megawati Tirtawinata
Waktu                          : Rabu,28 Oktober 2015
Jam                              : 13.00-14.30
Jumlah peserta             : 35
Lokasi                          : Kemanggisan
Anggota yang hadir    :
1.      Richard            (1801389326)
2.      Robert             (1801384054)
3.      Cindy               (1801382004)
4.      Sisilia .H          (1801384281)
5.      Vera                (1801390744)
6.      Jason Adrian    (1801383474)
7.      David               (1801375144)
8.      Handoko .T      (1801376411)
Anggota yang tidak hadir: -

2.Bagian Isi

            Pada hari Rabu tanggal 28 bulan oktober tahun 2015, kami sekelompok tanpa kekurangan satu orangpun kembali ke sekolah SDN 19 untuk mengajar anak-anak kelas 4. Pertama-tama kami menanyakan mereka ingin belajar bahasa inggris atau matematika. Karena hampir semua menjawab ingin belajar matematika, maka kami pun mengajari mereka matematika. Kami sangat senang sekali melihat anak-anak kelas 4 itu sangat mempunyai semangat belajar yang tinggi sehingga penyampaian materi kami pun bisa diterima cukup baik oleh mereka. 


            Pada hari itu, kami mengajar matematika tentang satuan-satuan waktu. Awalnya kami menjelaskan dulu tentang satuan waktu dan menjelaskan kepada mereka. Setelah itu kami menyuruh mereka mencatat agar mereka tidak lupa tentang pelajaran tersebut. Sehabis mereka mencatat, kami memberikan 10 soal untuk mereka kerjakan, soal nomor satu kami berikan contoh terlebih dahulu. Kami memperbolehkan mereka melihat catatan mereka tapi mereka harus mengerjakan soalnya dengan cara. 




            Kami mengarahkan kepada mereka juga bahwa jika ada yang tidak mengerti, boleh bertanya kepada kami. Tetapi saat mereka mengerjakan soal-soal itu, kami tidak tinggal diam saja, kami berjalan-jalan sambil melihat pekerjaan mereka dan membantu. Itu menurut kami sangat berguna bagi anak-anak yang malu bertanya. 


            Setelah mereka selesai mengerjakannya, tugas mereka dikumpulkan ke kami disertai nama mereka. Kami membuat kunci jawaban dan lalu mengecek pekerjaan mereka. Jika pekerjaan mereka ada yang salah, kami memanggil nama mereka, lalu kami memberi tahu cara yang benar dan jawaban yang benar sampai mereka mengerti. Setelah mereka mengerti, kami menyuruh mereka duduk dan memberi tahu untuk tetap tenang dan menunggu temannya yang belum selesai.


Survey external
Survey kami pada hari Rabu tanggal 28 Oktober 2015 tentang kelompok kami adalah semua kegiatan terlaksana dengan lancar tanpa ada masalah sedikitpun. Kami masing-masing bisa berperan sangat baik karena sudah mulai terbiasa dengan kegiatan ini sehingga proses belajar mengajar kami berjalan sangat nyaman dan aman.

Survey internal
Kelompok kami pada hari Rabu tanggal 28 Oktober sukses dalam melaksanan kegiatan belajar-mengajar dan tidak ada yang terlambat untuk datang mengajar ke sekolah SDN 19.



3. Bagian Penutup

Hasil kegiatan yang kami lakukan:

Sebelum kegiatan
Sesudah kegiatan
Anak-anak kelas 4 masih belum mengerti dan belum memahami tentang satuan-satuan waktu dengan baik dan benar
Anak-anak kelas 4 sudah mulai mengerti dan bisa mengerjakan soal-soal tentang satuan-satuan waktu dengan cukup baik

Kesimpulan: 
Kami mengajarkan anak-anak tentang satuan-satuan waktu dengan cukup baik dan nyaman sehingga hasilnya yang diterima anak-anak adalah mereka sudah mengerti tentang satuan-satuan waktu dan sudah bisa menjawab soal-soal tentang materi tersebut.Pencapaian hari ini: kami sekelompok sudah mulai terbiasa mengajarkan anak-anak tersebut sehingga proses pembelajaran sangat nyaman dan materi yang diberikan dapat gampang dipahami oleh anak-anak


Next to do : 
Kami sekelompok akan berusaha lagi semaksimal mungkin untuk mempertahankan proses pembelajaran yang nyaman ini agar anak-anak tersebut dapat lebih mudah lagi memahami materi yang kita ajarkan kepada mereka.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar