Senin, 02 November 2015

BIMBEL- DAY 2


BIMBEL bersama TFI
Pengajaran BIMBEL di SDN 19 Palmerah dalam Penerapan Mata Kuliah Character
Building bersama Teach For Indonesia (TFI)



1.Bagian Awal
                                                               
Kelas                            : IV
Dosen                          : Ch. Megawati Tirtawinata
Waktu                          : Kamis,22 oktober 2015
Jam                              : 13.00-14.30
Jumlah peserta           : 35
Lokasi                          : Kemanggisan
Anggota yang hadir    :
1.      Richard            (1801389326)
2.      Robert             (1801384054)
3.      Cindy               (1801382004)
4.      Sisilia .H          (1801384281)
5.      Vera                (1801390744)
6.      Jason Adrian    (1801383474)
7.      David               (1801375144)
8.      Handoko .T      (1801376411)
Anggota yang tidak hadir: -

2.Bagian Isi

            Pada hari kamis tanggal 22 oktober 2015, itu hari kedua kami mengajar atau yang disebut dengan “Bimbel” yaitu pada jam 13.00 s/d 14.30. seperti biasa kami ke kantor dulu untuk menemui guru nya dan agar bisa melangsungkan pengajaran tersebut.


            Dan pada kami sudah memasuki kelas tersebut anak-anak kami minta untuk mengajarkan bahasa inggris berupa organ-organ tubuh dalam berbahasa inggris,dan kami pun tidak pikir panjang langsung kami ajarkan yang dimau oleh anak-anak bimbel kami,mengapa? Karena kami pikir inggris itu sangat penting dalam dunia globalisasi ini atau pun sekarang.



            Tetapi, dikelas kami ini tidak semua yang bisa mengetahui organ-organ tubuh dalam berbhasa inggris ini,maka kami pun segera melakukan pengajaran dari awal agar yang tidak mengerti bisa menjadi mengerti,dan tetapi ada juga yang mengerti tetapi cara baca nya salah,maka dari itu kami ajarkan dengan perlahan agar mereka semua bisa.


           




      Maka dari itu sehabis kami mengajarkan didepan dan di contohkan kami memberikan tugas seperti biasa di suruh terjemahin ke dalam bahasa inggris agar mereka ingat apa yang tadi kita atau pun volunter yang tadi ajarkan di depan,dan kami memberi waktu 30 menit di sesi akhir untuk mengerjakan tugas tersebut, dan kami pun ke kelompok-kelompok masing-masing mengajarkan anak-anak yang tadi kurang mengerti dengan kakak bimbingan nya tersebut.


            Metode yang kami gunakan yaitu metode classroom dan mentoring agar anak-anak lebih konsentrasi dan tidak segan untuk bertanya-tanya kepada kami,dan lebih tenang pembelajaran  tersebut.





Survey external
Berdasarkan hasil survey yang kami berikan, kelompok kami sudah baik. Kelompok kami hadir tepat waktu, berlaku sopan, mengenakan atribut mahasiswa berupa almamater,flazz card binusian dan berpakaian sopan. Semua anggota kelompok kami menjalankan tugas dan perannya masing masing.

Survey Internal
Kelompok kami atau tim kami sudah melaksanakan bimbel dengan baik dan datang pada waktunya.





3.Bagian penutup
Hasil kegiatan yang kamu lakukan:
Sebelum kegiatan
Sesudah kegiatan
Peserta masih belum terlalu bisa untuk membaca dan mengerti organ-organ tubuh dalam berbahasa inggris.
Peserta sudah bisa untuk membaca dengan benar dan mengerti akan organ-organ tubuh dalam berbahasa inggris.
Pencapaian hari ini: kami telah mengajarkan anak-anak kami dengan baik dan dapat dimengerti oleh anak-anak kami dengan baik tersebut.

Kesimpulan:
Pada kegiatan hari ini,kelompok kami sebelumnya sudah bertemu dengan pihak sekolah dan membuat janji. Kelompok kami atau volunter akan memberikan review materi organ tubuh dalam berbahasa inggris dan kemudian mengajarkan cara perlahan agar materi organ-organ tubuh dalam berbahasa inggris ini dapat dipahami dengan semua siswa kami atau bimbingan kami tersebut, memahami dengan baik tetapi beberapa ada yang kesulitan dalam mengikuti pelajaran.

Next to do:

Kami sebagai volunter akan lebih baik lagi mengajarkan anak-anak bisa berbahasa inggris dengan baik dan lancar.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar