BIMBEL bersama TFI
Pengajaran BIMBEL di SDN 19 Palmerah dalam
Penerapan Mata Kuliah Character
Building bersama Teach For Indonesia (TFI)
1.Bagian
Awal
Kelas :
IV
Dosen :
Ch. Megawati Tirtawinata
Waktu :
Kamis,22 oktober 2015
Jam :
13.00-14.30
Jumlah peserta :
35
Lokasi :
Kemanggisan
Anggota yang hadir :
1.
Richard (1801389326)
2.
Robert (1801384054)
3.
Cindy (1801382004)
4.
Sisilia .H (1801384281)
5.
Vera (1801390744)
6.
Jason Adrian (1801383474)
7.
David (1801375144)
8.
Handoko .T (1801376411)
Anggota yang tidak hadir: -
2.Bagian
Isi
Pada hari kamis
tanggal 22 oktober 2015, itu hari kedua kami mengajar atau yang disebut dengan
“Bimbel” yaitu pada jam 13.00 s/d 14.30. seperti biasa kami ke kantor dulu
untuk menemui guru nya dan agar bisa melangsungkan pengajaran tersebut.
Dan pada kami sudah
memasuki kelas tersebut anak-anak kami minta untuk mengajarkan bahasa inggris
berupa organ-organ tubuh dalam berbahasa inggris,dan kami pun tidak pikir
panjang langsung kami ajarkan yang dimau oleh anak-anak bimbel kami,mengapa?
Karena kami pikir inggris itu sangat penting dalam dunia globalisasi ini atau
pun sekarang.
Tetapi, dikelas kami
ini tidak semua yang bisa mengetahui organ-organ tubuh dalam berbhasa inggris
ini,maka kami pun segera melakukan pengajaran dari awal agar yang tidak
mengerti bisa menjadi mengerti,dan tetapi ada juga yang mengerti tetapi cara
baca nya salah,maka dari itu kami ajarkan dengan perlahan agar mereka semua
bisa.
Maka dari itu sehabis
kami mengajarkan didepan dan di contohkan kami memberikan tugas seperti biasa
di suruh terjemahin ke dalam bahasa inggris agar mereka ingat apa yang tadi
kita atau pun volunter yang tadi ajarkan di depan,dan kami memberi waktu 30
menit di sesi akhir untuk mengerjakan tugas tersebut, dan kami pun ke
kelompok-kelompok masing-masing mengajarkan anak-anak yang tadi kurang mengerti
dengan kakak bimbingan nya tersebut.
Metode yang kami
gunakan yaitu metode classroom dan mentoring agar anak-anak lebih konsentrasi
dan tidak segan untuk bertanya-tanya kepada kami,dan lebih tenang
pembelajaran tersebut.
Survey external
Berdasarkan hasil survey yang kami berikan, kelompok
kami sudah baik. Kelompok kami hadir tepat waktu, berlaku sopan, mengenakan
atribut mahasiswa berupa almamater,flazz card binusian dan berpakaian sopan.
Semua anggota kelompok kami menjalankan tugas dan perannya masing masing.
Survey
Internal
Kelompok kami atau tim kami sudah melaksanakan bimbel
dengan baik dan datang pada waktunya.
3.Bagian penutup
Hasil kegiatan yang kamu lakukan:
Sebelum kegiatan
|
Sesudah kegiatan
|
Peserta masih belum terlalu bisa untuk membaca
dan mengerti organ-organ tubuh dalam berbahasa inggris.
|
Peserta sudah bisa untuk membaca dengan benar
dan mengerti akan organ-organ tubuh dalam berbahasa inggris.
|
Pencapaian hari ini: kami telah mengajarkan anak-anak
kami dengan baik dan dapat dimengerti oleh anak-anak kami dengan baik tersebut.
Kesimpulan:
Pada kegiatan hari ini,kelompok kami
sebelumnya sudah bertemu dengan pihak sekolah dan membuat janji. Kelompok kami
atau volunter akan memberikan review materi organ tubuh dalam berbahasa inggris
dan kemudian mengajarkan cara perlahan agar materi organ-organ tubuh dalam
berbahasa inggris ini dapat dipahami dengan semua siswa kami atau bimbingan
kami tersebut, memahami dengan baik tetapi beberapa ada yang kesulitan dalam
mengikuti pelajaran.
Next to do:
Kami sebagai volunter akan lebih baik lagi
mengajarkan anak-anak bisa berbahasa inggris dengan baik dan lancar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar